Disini gue bakal banyak ngumpulin n ngebuat artikel-artikel yang bakalan ngebantu loe di dunia internet, dunia bisnis online, n tip-tip yang bakalan ngebantu lo banget. And buat anak-anak Riau khususnya di Duri, tunggu apa lagi buruan cari penghasilan tambahan pake blog...butuh informasi lebih lanjut hubungi aja gue Dkozzei....

Jumat, 03 Oktober 2008

"Tips Memilih Program Afiliasi Sebelum Bergabung?"

Bagaimana memilih untuk bergabung dengan program afiliasi.
Sebuah petunjuk praktis yang sangat bagus: Orang tidak membeli dari sebuah situs afiliasi, tetapi mereka membelinya dari anda! Jika anda menciptakan suatu keinginan baik dalam diri tamu anda, maka mereaka akan mempercayai anda dan dari kepercayaan tersebut akan muncullah pembelian. Apakah anda telah mulai melihat bahwa website anda benar-benar penting? Kepercayaan anda benar-benar dipertaruhkan!

Tidak semua orang melakukan hal ini, tetapi saran saya adalah jika anda sedang memikirkan tentang program mana yang anda inginkan untuk bergabung dan produk apa yang akan di-endorse…beritahu orang-orang tentang produk yang anda percayai dan gunakan. Dengan cara demikian, anda dapat benar-benar mengatakan kepada mereka tentang produk dari tangan pertama.

Jika anda tidak melakukan hal ini, maka anda dapat apa yang anda iklankan tidak ada gunanya. Dengan demikian imej anda akan jatuh dan kepercayaan yang telah anda bangun akan hilang. Saya yakin anda mengetahui bahwa kepercayaan adalah sesuatu yang hanya bisa anda dapatkan sekali.
Sebuah situs advertorial yang baik "berfokus" pada membangun kepercayaan, memberikan informasi yang yang bagus ban berbicara tentang produk-produk yang hebat. Hal ini dilakukan dengan cara saya-ke-anda, tidak ada suntikan (no-hype), langsung. Jika anda memegang dan mengerti konsep ini, maka anda memenangkan setengah dari pertempuran afiliasi! Ingat ini lagi (kalau-kalau anda lupa di awal):

Orang-orang tidak membeli dari sebuah situs afiliasi, tetapi dari anda!
Sekarang barulah anda tahu bahwa bisnis anda dibangun dari kepercayaan, maka marilah kita membicarakan tentang bagaimana membangun kepercayaan tersebut dari tamu anda dan bagaimana membuat mereka dari hanya sekedar teman menjadi kastamer anda. Rahasia yang sebenarnya adalah…

Membangun daftar opt-in anda sendiri (newsletter atau ezine).
Apakan anda masih mengingat apa yang telah saya terangkan tentang contoh situs bonsai? Memiliki sebuah daftar in-house opt-in adalah salah satu aset yang bernilai dari bisnis yang anda miliki. Anda ingin mulai daftar anda sendiri dengan menawarkan sebuah ezine atau newsletter secara cuma-cuma…anada ingin memiliki nama tamu-tamu anda dan alamat e-mail mereka sehingga anada dapat berkomunikasi dengan mereka secara tetap tentu dan membangun kepercayaan anda secara perlahan.

Beberapa orang mencobanya dengan menawarkan sebuah laporan cuma-cuma yang akan dikirimkan kepada mereka dengan sebuah autoresponder. Cara ini kadang-kadang bisa berfungsi, tetapi anda tidak ingin izin untuk menghubungi para tamu hanya sekali, bukan?…anda ingin izin penuh untuk berbicara dengan mereka dan menjadi teman mereka.

Hanya dengan hubungan yang tetap tentu dengan daftar anda, maka anda akan mendapatkan kepercayaan dari mereka. Memberikan informasi yang baik kepada mereka akan membuat mereka melihat anda sebagai seorang ahli pada subjek tersebut dan akan medapatkan kepercayaan mereka. Sekali mereka mempercayai anda sebagai seorang yang ahli, maka mereka akan senang untuk membeli produk yang anda rekomendasikan (Akhirnya anda akan menjadi ahlinya).

Dan jika anda tetap memberikan informasi yang baik kepada mereka dan memperlakukan mereka seperti kastamer anda, maka mereka akan kembali membeli produk dan jasa yang anda tawarkan. Itulah nilai yang sebenarnya dari bisnis anda.

Sewaktu seorang pengguna mengunjungi website anda, ia akan melihat sepintas selama 8-15 detik. Dan jika situs anda menarik perhatiannya, maka ia akan tetap berada disana selama kira-kira 3 hingga 5 menit…bukan waktu yang panjang, bukan? Pastinya tidak cukup waktu untuk meraih kepercayaan seseorang dan mejual sesuatu kepadanya.

Jika meminta izin dan alamat e-mail mereka adalah sesuatu yang penting, maka anda dapat menindak-lanjutinya dan membangun kredibilitas. Sebuah cara yang bagus untuk memotivasi mereka adalah dengan memberikan sebuah freebie (seperti sebua e-book atau sebuah laporan khusus). Anda harus mengatakan kepada mereka bahwa jika mereka mau mendapatkan suatu barang secara cuma-cuma, maka mereka akan mendapatkan e-book dan sebuah langganan cuma-cuma ke newsletter anda.

Sekali mereka masuk ke dalam daftar anda, hubungi mereka secara berkala agar mereka selalu mengingat anda.

Dapatkah anda melihat betapa bernilainya daftar yang baik ini? Daftar opt-in anda seniali emas! Jika bisnis saya ditutup sekarang dan hanya menyisakan satu hal dalam bisnis saya, maka saya tidak akan mengambil situs saya maupun produk saya, saya akan mengambil daftar saya! Dengan memilikinya maka akan membantu saya untuk memulai bisnis yang baru di masa depan dan menghasilkan uang dengan cepat. Anda tidak dapat menggantikan kepercayaan orang dengan semuanya!

Produk terbaik yang telah saya dapatkan sejauh ini untuk membangun dan mengatur sebuah daftar opt-in adalah sebuah cgi script yang disebut juga "Subscribe-Me" oleh CGI ScriptCenter (Setelah Anda masuk ke situs mereka - sebuah window baru akan muncul). Tulisan ini membuat sebuah bentuk "Subscribe/Unsubscibe" di dalam website anda dan mengatur semua penanganan pengguna secara otomatis; ini juka memungkinkan anda untuk mengirim e-mail ke daftar anda di dalam teks dan format html dan semua ini dikerjakan melalui sebuah webinterface yang sangat mudah.

Sekali anda memulai membangun list opt-in pribadi anda, maka anda harus selalu mengingat sesuatu: Berikan pengguna informasi yang bernilai dan berguna. Banyak pemilik daftar melakukan kesalahan karena mereka hanya mengirimkan pesan-pesan penjualan saja ke langganan mereka.

Jual! Jual! JUAL! Hanya itu yang mereka pikirkan. Ingatlah bahwa kepercayaanlah yang mereka inginkan, bukan uang mereka. Jika (hanya setelahnya) anda dapat meraih kepercayaan mereka, maka hal itu adalah karena mereka merasa nyaman membelinya dari anda…bukan sebelumnya.

Beberapa kata penutup
Sekarang, anda benar-benar tahu apa yang seharusnya anda lakukan untuk membangun sebuah situs afiliasi yang menguntungkandengan advertorial. Ini adalah salah satu jenis situs yang akan meningkatkan penjualan dari semua program yang anda putuskan untuk bergabung. Jika anda anda mengikuti saran saya maka anda akan membuat penjualan yang menguntungkan bahkan dalam program yang memiliki ribuan afiliasi lainnya…mengapa? Karena sekarang anda mengerti bagaimana bekerjanya…



Yahya Marsath Hode adalah Research emarketer maupun koordinator penerbitan ezine dari BJO Consulting (www.bjoconsulting.com)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks tipsnya ya

Anonim mengatakan...

saya ga bisa maen affiliate, ga bakat jualan di internet nih :)

Anonim mengatakan...

affiliate ya? saya baru belajar bisnis online nih, thanks ilmunya yah

Template by : kendhin x-template.blogspot.com